Assalamu 'alaikum wr. wb.|Selamat Datang di Situs Resmi/Website PA. Kandangan|Media Informasi & Transparansi Pengadilan Agama Kandangan |Sampaikan Saran dan Kritik ke email : pa.kandangan@gmail.com

KALENDER HIJRIAH

Senin
8
Zulhijjah
1439 H

PENDAPAT ANDA

STATISTIK

Jumlah Pengunjung :
317534
Pengunjung Hari Ini :
17
User Online :
1
Terakhir Update :
19-08-2018

APLIKASI ONLINE

ONLINE

  • Tim IT PA Kgn
 

Pencanangan Zona Integritas Bebas Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

     

     Pengadilan Agama Kandangan pada Hari Rabu Tanggal 24 Januari 2018 melaksanakan Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih dan Melayani. Hadir pada kegiatan tersebut Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan, Bupati Hulu Sungai Selatan, Ketua DPRD, Seluruh Unsur Forpimda, Ketua Pengadilan  Agama Se Kalimantan Selatan beserta Panitera dan sekretarisnya.

      Pencanangan zona integritas bebas korupsi dan birokrasi bersih dan melayani dimaksudkan menjadikan Pengadilan Agama Kandangan sesuai visi dan misinya memberikan layanan prima kepada para pencari keadilan yang terbebas dari pungli dan gratifikasi oleh segenap aparatur Pengadilan Agama Kandangan.

      Dalam acara yang digelar tersebut disi dengan sambutan Ketua Pengadilan Agama Kandangan, Sambutan Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan dan Bapak Bupati Hulu Sungai Selatan.

      Sambuatan Ketua Pengadilan Agama kandangan (H. A. Nafi' Muzakki, S.Ag, M.H)

Ketua Pengadilan Agama Kandangan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan atas perkenan kehadirannya pada acara ini. Juga atas kehadiran Bapak Bupati Hulu Sungai Selatan beserta seluruh unsur Forpimda Hulu Sungai Selatan, serta kehadiran Bapak Ketua DPRD Hulu Sungai Selatan.  Mohon maaf bila dalam penyambutan kurang berkenan dalam acara ini baik tempat maupun hal lainnya.

Kemudian lanjut Ketua Pengadilan Agama Kandangan maksud dan tujuan melaksanakan kegiatan ini adalah dalam rangka persiapan Pengadilan Agama Kandangan ikut program Badan Peradilan Agama untuk akreditasi penjaminan mutu yang mana kegiatan ini sebagai salah satu point pelaksanaan program tersebut. Kemudian juga dalam rangka pencegahan tindak pidana korupsi oleh aparatur Pengadilan Agama Kandangan dalam memberikan layanan hukum kepada masyarakat dan pada tahun 2017 Pengadilan Agama Kandangan sudah menyelesaikan perkara sebanyak 905 perkara. Sebagai penutup sambutannya Ketua Pengadilan Agama Kandangan menyampaikan mohon kiranya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan dan Bupati Hulu Sungai Selatan menyampaikan sambuatannya dalam acara ini.

      Sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan (Dr. H. Muhammad Shaleh, S.H., M.H.)

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan yang dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati, Ketua DPRD, seluruh unsur Forpimda yang kali ini kehadirannya seluruhnya tidak diwakilkan, melainkan hadiri sendiri dalam acara pelaksanaan pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih melayani.

Kemudian belian menyampaikan maksud dan tujuannya tujuan acara ini :

Pertama menjawab kegelisahan, kegalauan dan kekecewaan Ketua Mahkamah Agung RI atas tertangkapnya atau OTT salah satu pimpinan Pengadilan Tinggi oleh KPK. Dengan pencanangan zona integritas ini diharapkan dapat mencegah korupsi yang dilakukan oleh aparatur Pengadilan Agama Kandangan dan Negara dan juga Pengadilan Agama diwilayah Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan. Bila ada aparatur Pengadilan Agama yang melakukan perbuatan yang tidak baik, pungli atau gratifikasi dan menjadi calo perkara maka saya tidak segan-segan merekomendasikan kepada Mahkamah Agung untuk dipecat menjadi Pegawai Mahkamah Agung.

Kedua saya ingin memperkenalkan Pengadilan Agama bahwa kedudukan dan haknya sudah sama dengan badan peradilan lainnya di bawah Mahkamah Agung RI karena ada undang-undang yang mengaturnya. jadi hendaknya dalam setiap acara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah harus menempatkan Pengadilan Agama Sejajar dengan Pengadilan Negeri.

Ketiga Saya ingin menitip Pengadilan Agama Kandangan dan Pengadilan Agama Negara agar diperlakukan seperti layaknya anak sendiri sebagaimana dinas dinas skpd yang ada di hulu sungai selatan.

Kemudian sambuatan diakhri dengan pantun :

Pergi ke bontang banyak yang nyapa

Sambil berenang tidak berkata kata

Kami datang ingin menitip PA

Semoga Bapak Bupati senang membantu PA.

       Sambutan Bupati Hulu Sungai Selatan (Drs. H. Ach. Fikry, M.Pd.)

Bapak Bupati Hulu Sungai Selatan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat baik atas dilaksanakannya pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi di Pengadilan Agama kandangan. Semoga dengan ini dapat merubah minsed atau pola piker aparat Pengadilan Agama Kandangan dalam memberikan layanan kepada masyarakat Hulu Sungai Selatan.

Kemudian Bapak Bupati Hulu Sungai Selatan juga menyampaikan bahwa Pemerintah daerah selalu menjalin kerjasama yang baik dengan Pengadilan Agama Kandangan dan dalam berbagai kegiatan selalu melibatkan Pengadilan Agama Kandangan seperti Safari Ramadhan dan Safari Maulid Ketua Pengadilan Agama Kandangan selalu diajak untuk mendampingi dengan Forpimda yang lain. Kemudian terima kasih atas wejangan yang diberikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan semoga menjadi inspirasi bagi Pemerintah daerah hulu Sungai Selatan untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Kemudian disampaikan juga dalam melaksanakan tugas kepemerintahan di Hulu Sungai Selatan selalu melibatkan peran serta ulama khususnya dalam melaksanakan pembinaan dan kegiatan-kegiatan keagamaan.

 

 

Total akses : 46