Seputar Peradilan

 

Pengadilan Agama Kandangan Melakukan Kerjasama Dengan PT. POS Indonesia dan Radio

 

DSC00108 

Pengadilan Agama Kandangan pada hari Senin tanggal 26 Nopember 2018 melaksanakan acara penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) dengan PT. POS Indonesia dan PT. Radio Gema Amandit Kandangan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dan memperkuat kerjasama yang sudah berjalan.

Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) ini merupakan salah satu implementasi Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik juga Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi perkara di Pengadilan secara elektronik yang mewajibkan setiap pengadilan menyiapkan segala fasilitas pendukung Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) antara lain tersedianya loket nazegellen lembar bukti oleh Kantor Pos dan terselenggaranya layanan pemanggilan para pihak yang tidak diketahui alamatnya oleh Radio.

DSC00109

MoU Pengadilan Agama Kandangan dengan Kantor Pos Kandangan yaitu tentang kerjasama di bidang layanan nazegelen dan penjualan meterai, sedangkan MoU Pengadilan Agama Kandangan dengan PT. Radio Gema Amandit Kandangan tentang penyiaran (iklan baca) panggilan para pihak berperkara pada Pengadilan Agama Kandangan yang alamatnya tidak diketahui dengan jelas dan pasti di wilayah Republik Indonesia.

DSC00115

DSC00116

Acara tersebut berlangsung di Ruang Rapat Pengadilan Agama Kandangan. Selain dihadiri oleh pimpinan ketiga instansi yang menjalin kerjasama tersebut, dari Pengadilan Agama Kandangan juga hadir Wakil Ketua, Para Hakim dan Panitera.

DSC00118

Dalam sambutannya H. A. Nafi’ Muzakki, S. Ag, M.H, selaku Ketua Pengadilan Agama Kandangan menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Kantor Pos Cabang Kandangan dan PT. Radio Gema Amandit Kandangan dalam menjalin kerjasama ini. Beliau juga menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Kandangan sebagai lembaga jasa  pelayanan publik yang melayani kebutuhan hukum masyarakat, maka sudah menjadi keharusan Pengadilan Agama Kandangan memberikan pelayanan prima (Excellent service) kepada masyarakat khususnya pencari keadilan, terlebih lagi di era reformasi dan supremasi hukum, peradilan harus mampu menjawab image negatif masyarakat. Adanya anggapan publik bahwa  birokasi hukum demikian berbelit oleh karena itulah maka pelayanan prima menjadi salah satu penegasan misi Pengadilan Agama Kandangan sebagai pengejawantahan misi Mahkamah Agung dalam memberikan Pelayanan Hukum yang berkeadilan dalam rangka mencapai visinya yaitu Terwujudnya Peradilan yang Agung.

DSC00089

Dengan adanya penandatangan MoU ini, maka hal tersebut menjadi salah satu langkah awal untuk mewujudkan layanan prima One Stop Service sehingga diharapkan kepercayaan masyarakat  pencari keadilan kepada Pengadilan akan meningkat

Bayu Eko Setiadi selaku Kepala Kantor PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kandangan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih karena Kantor Pos Cabang Kandangan telah diberikan kepercayaan sebagai mitra kerja Pengadilan Agama Kandangan. Dengan penandatangan MoU ini, beliau berharap dapat meningkatakan pelayanan pemeteraian dan nezegellen kepada para pencari keadilan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan ini juga merupakan program one stop service yang diprogramkan oleh Kantor Pos sendiri, sehingga dengan adanya ajakan kerjasama oleh Pengadilan Agama Kandangan ini merupakan suatu hal yang memang selaras dengan pelayanan PT Pos kepada masyarakat. Beliau juga berharap semoga ke depannya bisa terus menjalin kerja sama di bidang lain seperti layanan pengiriman surat dan wesel pos.

DSC00090

Sedangkan Adib, selaku Pimpinan PT Radio Gema Amandit Kandangan dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan ungkapan rasa terima kasih dan siap menjalin kerja sama lainnya lagi dengan Pengadilan Agama Kandangan dalam rangka memberikan pelayanan dan penyampaian informasi kepada masyarakat, beliau juga mengharapkan semoga suatu saat Pengadilan Agama Kandangan bisa mengisi acara talk show di Radio Gema Amandit terutama terkait hal yang menjadi tupoksi Pengadilan Agama Kandangan. (Hk).