Seputar Peradilan

SINERGITAS PENGADILAN AGAMA KANDANGAN DENGAN INSTANSI LAIN TERKAIT PELAYANAN PUBLIK

 dukcapil 1

Kandangan (14-11-2019) – Wakil Ketua Pengadilan Agama Kandangan (Hikmah, S. Ag, M. Sy) pada hari Kamis tanggal 14 Nopember 2019 menghadiri undangan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral yang difasilitasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam rangka menyelaraskan kesepahaman mengenai kebijakan Pencatatan Sipil yang berkaitan erat dengan beberapa instansi lain terkait pelayanan terhadap masyarakat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengadilan Agama Kandangan, Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan perwakilan dari seluruh Kecamatan yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

dukcapil 2

Dalam rapat koordinasi yang dikemas dalam bentuk diskusi dan sharing permasalahan yang terkait dengan pemberian layanan public ini berjalan dalam suasana yang hangat dan penuh keakraban dalam rangka mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat karena melibatkan beberapa instansi terkait.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kandangan dalam kesempatan tersebut memberikan sosialisasi terkait kewenangan Pengadilan Agama, terutama yang berkaitan erat dengan permasalahan yang melibatkan Dukcapil,Kkemenag, Disdik, Dinkes dan perangkat kecamatan serta menyampaikan beberapa alternative solusi dalam pemecahan masalah yang dihadapi.

Di akhir acara terdapat beberapa rencana kerja terkait permasalahan yang dihadapi yang akan ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan untuk membahas hal tersebut secara khusus, diantaranya penjajakan dan persiapan untuk melaksanakan sidang terpadu yang melibatkan Pemkab HSS, Dukcapil, Kemenag dan Pengadilan Agama. Semua peserta kegiatan berharap, semoga dengan adanya acara ini dapat memberikan solusi terkait permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.