Seputar Peradilan

DAMAI ITU INDAH DAN MEMBAHAGIAKAN

 

WhatsApp Image 2020 03 10 at 4.31.47 PM

Perselisihan atau sengketa dapat terjadi dan timbul kapan saja dan dimana saja dalam kehidupan bermasyarakat. Hal itu bisa terjadi karena permasalahan hak-hak, status, gaya hidup, reputasi dan aspek lain dalam kegiatan bermasyarakat maupun tingkah laku pribadi. Selain itu, sengketa dapat timbul dari permasalahan sederhana atau kompleks yang melibatkan berbagai jenis persoalan. Penyelesaian sengketa atau beda pendapat tersebut dapat diselesaikan dengan pertemuan langsung oleh para pihak dan atau melalui bantuan seorang atau lebih penasehat ahli maupun melalui seorang mediator.

Mediasi merupakan salah satu alternatif penyelesaian sengketa yang dipandang menyelesaikan sengketa dengan tujuan win-win solution. Mediasi adalah cara-cara penyelesaian sengketa berdasarkan pendekatan mufakat para pihak dengan bantuan pihak netral yang tidak memeiliki kewenangan memutus yang disebut sebagai mediator. Dalam sistem hukum di Indonesia, mediasi dapat digunakan untuk menyelesaikan sengketa-sengketa di luar pengadilan dan sengketa-sengketa atau perkara-perkara yang telah diajukan ke Pengadilan.

mediasi berhasil 3

Pengintegrasian mediasi ke dalam proses beracara di pengadilan dapat menjadi salah satu instrument efektif mengatasi masalah penumpukan perkara di pengadilan, serta memberikan penyelesaian yang benar-benar tuntas dalam arti tidak hanya tuntas secara hukum, namun juga bisa tuntas secara moral dan sosial.

Berpijak pada hal tersebut diatas, maka Pengadilan Agama Kandangan berusaha dengan semaksimal mungkin mengimplementasikan upaya mediasi tersebut dalam penyelesaian perkara yang diajukan ke Pengadilan Agama Kandangan. Hal tersebut membuahkan keberhasilan yang sangat menggembirakan dan membanggakan karena di triwulan pertama ini, tepatnya di bulan Februari dan Maret 2020, Pengadilan Agama Kandangan menorehkan keberhasilan mediasi yang meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

mediasi berhasil 2

Pada triwulan pertama di tahun 2020 ini tercatat 4 (empat) keberhasilan mediasi tersebut dengan rincian 2 (dua) berhasil dengan pencabutan dan 2 (dua) berhasil sebagian. Pencapaian dalam mediasi ini ditorehkan oleh ibu Wakil Ketua Pengadilan Agama Kandangan (Hikmah, S. Ag, M. Sy) yang telah berhasil melakukan mediasi dalam keempat perkara tersebut di bulan Februari dan Maret 2020. Setelah di tahun sebelumnya atau di tahun 2019 beliau menorehkan keberhasilan mediasi pada beberapa perkara juga.

Dengan adanya upaya mediasi yang maksimal dilakukan oleh para Hakim Mediator Pengadilan Agama Kandangan semoga bisa lebih meningkatkan keberhasilan pengimplementasian mediasi di masa yang akan datang karena damai itu indah dan membahagiakan. (iema)