Seputar Peradilan

Wakil Ketua PA Kandangan Raih Prestasi Dalam Workshop Online Analisa Data Sosial Media Di Pengadilan

 

sosmed 2

            Pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 14 dan 15 Mei 2020 telah diselenggarakan Pelatihan Online Analisa Data Sosial Media di Pengadilan Agama oleh Pusdiklat Menpim MA kerjasama denga Tempo Institue. Pelatihan ini diselenggarakan secara full zoom meeting, dimana penyampaian materi, praktek dan presentasi hasil test/latihan dilakukan secara online dengan menggunakan beberapa tool diantaranya aplikasi zoom meeting dan aplikasi slack.

            Dalam pelatihan tersebut materi disampaikan oleh Ibu Ika K. Idris, PhD.Direktur Riset Paramadina Public Policy Institute / PPPI, Universitas Paramadina, dimana para peserta mendapatkan pengetahuan mengenai potensi data yang tersedia di media sosial, praktik mengambil data dan mengelompokkannya sesuai kebutuhan, serta menganalisis informasi yang didapatkan dari media social.

 

sosmed 1

            Dalam pelatihan tersebut dapat diperoleh suatu pengetahuan yang sangat bermanfaat buat menjawab tantangan dimana sekarang banyak public yang mengalami keraguan atau kekurangpercayaan terhadap lembaga Peradilan. Analisa data sosmed ini dilatarbelakangi keingintahuan kita bagaimana respon atau perbincangan publik tentang suatu tema, d kaitkan dengan lembaga Peradilan, maka kita ingin tahu seberapa jauh publik memperbincangkan tentang lembaga Peradilan, terutama satker kita sebagai pemilik akun sosmed, sehingga dari hasil analisis data tersebut dapat menjadi bahan kita untuk menyampaikan informasi yg diperlukan masyarakat secara tepat dan benar dari sumber terpercaya, karena kita takut masyarakat mendpat berita hoaks atau berita yang tdak benar mengenai satker kita.

             Pada akhir sesi pelatihan diumumkan 5 (lima) terbaik dari peserta pelatihan yang terdiri dari Ketua dan Hakim Juru Bicara 4 (empat) lingkungan Peradilan. Alhamdulillah berkat kerja keras dan semangat Ibu Hikmah, S. Ag, M. Sy yang merupakan Wakil Ketua sekaligus Hakim Juru Bicara Pengadilan Agama Kandangan memperoleh peringkat Terbaik I (satu). Beliau menyampaikan semoga hasil dari pelatihan ini akan membawa Pengadilan Agama Kandangan menjadi lembaga yang terpercaya dalam melaksanakan penegakan hukum.(iema)