Seputar Peradilan

Bulan Ramadhan dan Pandemi, Pengadilan Agama Kandangan Tetap Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat

WhatsApp Image 2021 04 30 at 09.56.47

        Jum’at 30 April 2021, Pengadilan Agama Kandangan melaksanakan persidangan di luar gedung pengadilan yang bertempat di Balai Desa Angkinang, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kandangan Ibu Hikmah, S.Ag, M.Sy. selaku Hakim Ketua dengan didampingi oleh Ahmad Jumaidi, S.H. dan Sulaiman Laitsi, S.H.I. sebagai Hakim anggota dan dibantu oleh Hj. Mufidah, S.Ag dan Dra. Hj. Halmiah sebagai Panitera Pengganti melakukan sidang di luar gedung. Ada yang istimewa pada sidang kali ini yaitu dilakukan di bulan Suci Ramadhan.

WhatsApp Image 2021 04 30 at 09.56.50            WhatsApp Image 2021 04 30 at 09.56.48

Meskipun perkara yang masuk di Pengadilan Agama Kandangan tetap berjalan, tetapi dari segi Intensitas mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya di luar bulan Ramadhan. Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk menghormati bulan Ramadhan sebab cerai merupakan perkara halal yang dibenci Allah.

Sidang di luar Gedung pengadilan adalah bentuk pelayanan bagi masyarakat tidak mampu, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

WhatsApp Image 2021 04 30 at 09.56.501

Berdasarkan Pasal 3 Perma Nomor 1 tahun 2014 tujuan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di pengadilan adalah untuk :

  1. Meringankan beban biaya yang harus ditanggung oleh masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi di pengadilan
  2. Meningkatkan akses terhadap keadilan bagi masyarakat yang sulit atau tidak mampu menjangkau Gedung pengadilan akibat keterbatasan biaya, fisik atau geografis
  3. Memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak mampu mengakses konsultasi hukum untuk memperoleh informasi, konsultasi, advis, dan pembuatan dokumen dalam menjalani proses hukum di   pengadilan
  4. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang hukum melalui penghargaan, pemenuhan dan perlindungan terhadap hak dan kewajibannya, dan

Memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan.