Seputar Peradilan

INTEGRASIKAN PELAYANAN, PENGADILAN AGAMA KANDANGAN JALIN KERJASAMA DENGAN BADAN PERTANAHAN NASIONAL KAB.HSS

01
          Untuk mendukung kelancaran tugas sesuai tugas dan fungsi masing-masing, maka Pengadilan Agama Kandangan bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sepakat untuk melakukan kerjasama dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang percepatan pendaftaran tanah dan pemeliharaan data  pendaftaran tanah terhadap penetapan/putusan Pengadilan Agama. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 04 April 2022, pukul 11.00 WITA bertempat di Kantor Pengadilan Agama Kandangan.

04  03
          Pelaksanaan penandatanganan MoU ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya, kerjasama ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi hak-hak para pencari keadilan yang berkaitan dengan  sengketa tanah. Perjanjian Kerjasama MOU berkaitan dengan percepatan pengurusan penetapan ahli waris sebagai kelengkapan permohonan pendaftaran tanah pertama kali melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), pemeliharaan data pendaftaran tanah dan sertifikasi lainnya serta sita, pemeriksaan setempat dan eksekusi.
          Prosesi penandatanganan dilaksanakan oleh ibu Hikmah, S. Ag, M. Sy selaku Ketua Pengadilan Agama Kandangan dan Bapak Tri Harnanto, S.Sos, M.H selaku Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penandatanganan perjanjian kerjasama ini juga disaksikan oleh para Pejabat Pengadilan Agama Kandangan dan Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

05   06
          Dalam kesempatan ini Kepala BPN Kabupaten Hulu Sungai Selatan menyampaikan, bahwa kerjasama antara BPN dan PA Kandangan ini dilaksanakan, selain untuk mewujudkan pelayanan prima yang lebih maksimal, juga untuk mendukung pelaksanaan single indentity program dan turunannya. Karena, kata Kepala BPN, pelaksanaan kerjasama ini akan memberikan kemudahan bagi pencari keadilan yang berperkara pada Pengadilan Agama Kandangan dalam memperoleh haknya yang terkait dengan Kantor Badan Pertanahan Nasional di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Selain itu, program ini juga sebagai upaya BPN Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebagai instansi yang sedang menerapkan dan mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokras Bersih dan Melayanai (WBBM).
          Senada dengan pernyataan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Kandangan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama yang terjalin dengan Badan Pertanahan Nasional ini merupakan sinergitas antar kedua instansi dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sedang berperkara di Pengadilan Agama Kandangan berkaitan dengan administrasi pertanahan.  Untuk itu Pengadilan Agama Kandangan sangat berharap adanya koordinasi yang baik, bermanfaat dan saling melengkapi dengan Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kegiatan ini juga merupakan salah satu program Pengadilan Agama Kandangan dalam upayanya meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).


Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kandangan

Jln. Jenderal Sudirman Km. 02 No. 35, Kec. Sungai Raya, Kab. Hulu Sungai Selatan
Kode Pos 71271

Telp. (0517) 21114

Email  : pa.kandangan@gmail.com & delegasi.pa.kandangan@gmail.com

Tautan Aplikasi

Jam Kerja

Senin - Kamis : 08.00-16.30 WITA

Jum'at           : 08.00-17.00 WITA

Istirahat

Senin - Kamis : 12.00-13.00 WITA

Jum'at           : 11.30-13.00 WITA

Jam Kerja Pelayanan

Senin-Jum'at : 08.00-16.30 WITA

Jadwal Sidang

Senin-Kamis : 09.00 WITA-selesai