Arsip Berita
PELATIHAN SERVICE EXCELLENCE, PELAYANAN YANG PRIMA DAN BERKUALITAS
Kandangan | pa-kandangan.go.id
Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas, pada hari Jumat tanggal 12 Juli 2024, Pengadilan Agama Kandangan mengundang BSI Cabang Kandangan sebagai benchmark layanan publik untuk mengadakan pelatihan Service Excellent untuk pelayanan publik (Training Service Excellent for Public Service) kepada para pegawai khususnya petugas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Resepsionis, dan security yang bertugas sebagai ujung tombak layanan di Pengadilan Agama Kandangan. Pelayanan Publik merupakan pelayanan untuk seluruh warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan yang berespon lebih cepat, lebih relevan dan lengkap dengan informasi yang dibutuhkan.
Pelatihan Service Excellent tersebut dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Kandangan, Ibu Nur Izzah, S.H.I., M.H. dengan mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh peserta di dalam acara tersebut terkhusus kepada narasumber beserta Tim dari BSI Cabang Kandangan. Dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Kandangan berharap pelatihan ini dapat membawa dampak yang baik bagi petugas layanan Pengadilan Agama Kandangan dalam melayani masyarakat pencari keadilan, Pelayanan yang Excellent (Pelayanan yang Unggul).
Adapun terkait materi yang disampaikan terkait bagaimana dan apa saja yang bisa dilakukan untuk menciptakan service excellent atau pelayanan yang memuaskan dan berintegritas kepada masyarakat. Service Excellent adalah kepedulian kepada pelanggan untuk membahagiakan orang lain dengan menyelaraskan sikap, perhatian, tanggung jawab dengan penuh integritas untuk mewujudkan kepuasan pelanggan. Service Excellent adalah tanggung jawab semua elemen di sebuah unit kerja, dari level bawah hingga level manajemen teratas. Pelayanan terbaik adalah apabila pengguna jasa merasakan kepuasan yang melebihi ekspektasi.Komponen penting pelayanan prima yang berintegritas adalah penampilan, sikap, dan skill. Penampilan adalah kesan pertama yang akan ditangkap oleh pengguna jasa, selanjutnya sikap yang baik dari gesture tubuh maupun cara berbicara.
Hal yang tidak kalah penting adalah skill yang harus dimiliki yaitu penguasaaan bidang pekerjaan, solutif, memahami ketentuan serta sigap dan cekatan. Selain pemaparan materi, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan praktek secara langsung untuk mengaplikasikan teori yang disampaikan. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Pengadilan Agama Kandangan sehingga masyarakat pencari keadilan dapat merasa puas dan senang ketika meninggalkan kantor Pengadilan Agama Kandangan.
P.I.N.T.A.R. (Profesional, Inovatif, Nyaman, Transparan, Akuntabel, Ramah), MFR/Timred